Sunday, April 5, 2009

ERTI

Apa ertinya kesunyian?
Apa ertinya pemberontakkan?
Apa ertinya perjuanganku?
Apa ertinya suaraku?

Semuanya itu berkait
Di dalam kisah hidupku.

Untung aku masih hidup.
Ma, nyamperin bertiga.
Satu tidak pernah aku kenal.
Satu tidak mahu mengiyakan aku.
Satu melukakan aku.
Pa, tidak pernah merasa apa yang ku rasa.

Satu persatu.
Setiap satu melukakan aku.
Punya keluarga bukan yatim.
Setiap rasa berubah didepanku.
Aku bertanya
perlukah aku menyalahkan nasib
Sementara aku masih hidup.

Ya.
Aku punya rumah.
Tapi tidak faham kenapa aku masih diluar?
Adakah aku membenci derita?
Tidak.Derita membantu mengajar aku.
Mengajar aku hidup sebagai seorang aku.
Adakah aku suka untuk derita?
Salah.
Aku bukan orang putus asa
Walaupun menderita.

Pemberontakan.
Bahasa diam kadang2 kehabisan kata-kata
Walau tidak bersuara.
Berontak dengan menulis.
Gelodak semangatku memberontak.

Ditakdirkan menjadi suara kalian
Adakah luar biasa?
Salah.Kataku:
Dan saya cuma manusia.
Sebenarnya tiada istimewa
Untuk ukuran dunia.
Sebenarnya adalah sangat,
Sangat biasa.

Bila bicara tentang
Perjuangan.
Jangan berkata ‘Cuma’
Biar dipihak mana.
Aku tetap berjuang.
Salah.tetap salah.
Benar Jauh sekali takut.
Nyata:cuma manusia.
Bukan siapa-siapa.

Suaraku.
Sekadar kata.
Tersudut antara kecewa.Benci.Gembira.
Rasa cinta?
kecintaan perlu perjuangkan.

Jangan berkata ‘cuma’
Kalau bicara tentang cinta.
Cinta itu peristiwa dalam roh.
Roh.Bagaimana bisa dijelaskan dengan akal?
Kita hanya bisa melukiskan bayangannya.
Yang ragamnya berlaksa-laksa.
Peristiwa di dalam roh tak bisa dijelaskan.
Ia hanya bisa dialami.
Apakah kamu bisa mengalami pengalaman rohku?

Ya.Memang.
Rohku mencinta.
Aku sendiri tidak bisa mengerti aku.
Tapi setiap rasaku punya erti.

No comments:

Post a Comment